Wisata Bukit Cendana Yogyakarta

Bukit Cendana Yogyakarta, Tempat Berburu Sunset dan Sunrise di Kabupaten Kulonprogo

Sekilas Mengenai Bukit Cendana

Bukit Cendana merupakan salah satu bukit yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Sama halnya seperti wisata alam Kalibiru, Bukit Cendana juga menyuguhkan keindahan alamnya kepada wisatawan yang datang berkunjung. Bukit Cendana ini baru saja pada Januari 2017 jadi masih tergolong sebagai destinasi wisata yang baru. Dinamakan Bukit Cendana karena di sekitar lokasi wisata ini banyak ditumbuhi oleh pohon cendana. Bukit Cendana menawarkan keindahan panorama alam yang masih hijau bersamaan dengan keindahan Waduk Sermo yang dapat dilihat dari gardu pandang Bukit Cendana.

Bukit Cendana juga sering dijadikan tempat untuk berburu sunrise dan sunset oleh para wisatawan. Untuk tiba di puncak bukit wisatawan harus berjalan kaki selama 5 menit dari tempat parkir kendaraan. Di atas bukit terdapat gardu pandang untuk melihat pemandangan. Walaupun medannya agak melelahkan terutama bagi yang belum terbiasa, namun setibanya di atas bukit rasa lelah akan terbayarkan karena pemandangan alamnya yang terlihat indah dari ketinggian. Selain itu udara yang di atas bukit ini yang sejuk dan masih asri jauh dari polusi udara.

Wisata Bukit Cendana
Wisata Bukit Cendana

Saat berada di atas Bukit Cendana, wisatawan bisa berfoto di gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata. Gardu pandangannya dibuat dengan konsep rumah pohon dengan susunan kayu-kayu tebal yang kokoh, sehingga nyaman saat berdiri diatas gardu tersebut. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bukit Cendana ini untuk berburu suasana matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Selain itu terdapat juga ayunan dan jembatan penghubung yang bisa bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Gapura masuk Bukit Cendana ini juga dibuat dengan cantik, sehingga wisatawan bisa berfoto di depannya.

Saat ini lokasi Bukit Cendana masih dalam tahap pembangunan, sejumlah dana sudah dialokasikan untuk pembangunan tersebut. Beberapa fasilitas umum sudah tersedia di lokasi Bukit Cendana, seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, tempat istirahat dan warung makan yang bisa dihampiri setelah lelah berjalan. Sebelum berkunjung ke Bukit Cendana dalam paket wisata yogyakarta, sebaiknya wisatawan memantau cuaca terlebih dulu, karena saat hujan jalanan di sekitar Bukit Cendana menjadi berlumpur dan licin. Selain itu untuk kenyaman saat berjalan sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman karena jalananya yang menanjak untuk menuju puncak bukit.

Lokasi Bukit Cendana

Lokasi Bukit Cendana berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Jarak Bukit Cendana dengan pusat Kota Yogyakarta adalah 37 km. Lokasinya berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lainnya seperti Taman Bambu Air Waduk Sermo dan Taman Munggur Waduk Sermo. Wisatawan yang memiliki waktu luang juga bisa berkunjung ke beberapa lokasi wisata tersebut.

Rute Menuju Lokasi Bukit Cendana

Wisatawan yang berasal dari pusat kota Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Bukit Cendana bisa melalui Jalan Wates Kemudian menuju ke Jalan Pengasih di Sentolo. Setelah itu dari Jalan Pengasih menuju ke Jalan Sermo hingga sampai di Girimulyo Desa Hargowilis, di desa tersebut lokasi Bukit Cendana berada. Dalam paket tour yogyakarta untuk menuju ke Bukit Cendana diperlukan waktu sekitar 60-90 menit.

Harga Tiket Masuk Bukit Cendana

Untuk menikmati keindahan alam dan berfoto sepuasnya di Bukit Cendana, wisatawan tidak akan dikenakan karena tiket masuk bukit cendana masih alias gratis, namun tetap harus membayar biaya parkir kendaraan Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Untuk pemesanan paket wisata ke bukit cendana bapak bisa ke nagantour.com dan bisa juga melakukan pemesanan rental mobil jogja.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.